Wow!! Ternyata Manfaat Buah Manggis Sangat Luar Biasa

bacailmu.com – Buah Manggis merupakan buah yang banyak ditemukan di negara-negara tropis di seluruh Asia, termasuk di negara kita Indonesia. Buah manggis memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, karena buah manggis mengandung senyawa kardioprotektif, memiliki antioksidan, anti-bakteri dan anti-kanker.

Wow!! Ternyata Manfaat Buah Manggis Sangat Luar Biasa

Dalam hasil penelitian ditemukan bahwa buah manggis dan kulitnya memiliki 40 lebih zat xanthones yang merupakan salah satu antioksidan yang sagat bermanfaat. Buah manggis tidak hanya memiliki zat super xanthones namun juga mengandung polikasanida, polyphenols dan cathechins yang merupakan antibakteri dan antikulat.

Anti Kanker

Buah manggis terkenal dengan manfaatnya yang dapat mencegah kanker memang luar biasa, bukanhanya dapat mencegah namun gejala dan penyakitnya pun dapat diobati sehingga buah manggis dijuluki dengan ratu buah. Hasil penelitian yang paling utama terkait kanker ini adalah mencegah berkembangnya tumor yang disebabkan oleh adanya  senyawa garcinone E.

Namun juga perlu diingat bagi penderita kanker mengonsumsi buah manggis ini dikeranakan dari beberapa penelitian bahwa manfaatnya terhadap kanker belum sepenuhnya terbukti. Pada Journal of Society for Integrative Oncology, para  ilmuan bahkan memperingatkan bahwa pasien kenker harus hati-hati dalam mengonsumsi ekstrak buah manggis karena berpotensi meningkatkan kadar gula darah.

Mengurangi Rasa Sakit

Manggis memiliki zat anti-inflamasi yang dapat memabantu dalam mengurangi rasa sakit seperti peradangan, nyeri dan kerusakan sendi, arthritis, atau nyeri yang disebabkan oleh latihan olahraga.

Mencegah Infeksi

Buah manggis mengandung senyawa yang dapat membantu dalam mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur yang dapat menyebabkan berbagai macam infeksi pada luka. Teori ini didukung oleh beberapa penelitian yang diterbitkan  pada edisi Juli 2003 dari “Chemical and Pharmaceutical Bulletin“, Pada penelitian ini menguju xanthones dari manggis dan membuktikan bahwa zat ini dapat menghentikan pertumbuhan bakteri tuberkulosis yang sering menyebabkan infeksi.

Baik Untuk Tekanan Darah Tinggi

Buah manggis juga diketahui baik untuk penderita tekanan darah tinggi, kandungan mineral, serat dan Vitaminnya sangat mendukung manfaat ini.

Buah manggis juga memiliki manfaat lain seperti

  1. Mencegah Penuaan Dini
  2. Mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh,
  3. Mencegah terjadinya obbesitas
  4. Mengatasi sakit kepala migrain
  5. Mengiurangi stres dan depresi
  6. Mengatasi katarak
  7. Menjaga kesehatan otak dan saraf
  8. Membantu dalam mengatasi alergi
  9. Memperkuat dan melancarkan pembuluh darah
  10. Mencejah jantung koroner
  11. Mengurangi sakit gigi
  12. Membasmi TBC
  13. Mencegah penyakit gusi
  14. Menghambat disentri
  15. Membantu mencegah dan memerangi penyakit alzheimer
  16. Memjaga kesehatan usus, dapat mengatasi diare, sembelit dan merangsang kesehatan usus normal

Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu pembunuh terbesar didunia. Mengonsumsi ekstrak buah manggis dapat membantu mencegah serangan jantung.

Mengatasi Diare

Ekstrak buah manggis juga sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah pencernaan seperti diare.

Sistem kekebaln Tubuh Manusia

Antioksidan dalam kulit manggis juga dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh manusia. Antioksidan ini meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap berbagai penyakit dan membuang radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit berbahaya lainnya seperti kanker.

Menurunkan Diabets

Kadar gula darah yang tinggi dalam tubuh sangat berbahaya karen dapat menyebabkan berbagai mancam penyakit seperti jantung, stroke dan lainnnya. Kulit manggis merupakan salah satu obat mujarab yang dapat menurunkan kadar gula darah dan dibuang melalui air seni.

Mengatasi Gangguan Haid

Gangguan Haid seperti rasa sakit yang tertahan, telat datang bulan dalam jangka lama dan haid tidak teratur dapat diatasi dengan mengonsumsi ekstrak kulit manggis.

Manfaat Buah Manggis Untuk Kecantikan

Meremajakan Kulit dan Mencegah Penuaan Dini

Kulit buah manggis juga sangat ampuh untuk meremajakan kulit. Kulit buah manggis mengandung antioksidan yang dapat membantu dalam mencegah penuan dini dan meremajakan kulit agar terlihat lebih bersinar dan kencang diusia yang tidak muda lagi. Kulit manggis dapat memabantu meregenerasi kulit yang menjadi penyebab utama kulit menjadi terlihat kusam dan kering.

 

Sumber: manfaat.co.id

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *