Tahukah Kamu Apa Manfaat Buah Pir?

bacailmu.com – Buah pir merupakan buah yang banyak mengandung air yang dapat memberi kesegaran untuk tubuh. Buah pir memiliki rasa yang  manis sehingga banyak orang yang menyukainya. Buah pir merupakan buah yang hidup di iklim tropis sehingga akan sangat segat jika dikonsumsi pada saat musim panas.

Tahukah Kamu Apa Manfaat Buah Pir?

Buah pir mengandung pektin yang tinggi dibandingkan dengan buah apel sehingga buah pir bermanfaat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Buah pir sering direkomendasikan oleh praktisi kesehatan sebagai buah hypoallergenic yang tinggi serat. Buah pir dapat dikonsumsi langsung dengan kulitnya. Buah pir banyak mengandung Vitamin C dan juga Vitamin E, yang merupakan antioksidan dan nutrisi penting untuktubuh.

Buah pir dapat memberi banyak manfaat untuk tubuh karena buah ini mengamdung serat serta beberapa Vitamin seperti Vitamin B2, C, E, dan beberapa mineral Seperti tembaga dan kalium. Dengan kandungan nutrisi seperti itu inilah beberpa manfaat buah pir untuk kesehatan

Tekanan Darah

Buah pir mengandung antioksidan dan glutathione yang dapat membantu mencegah darah tinggi dan stroke

Mencegah Kanker

Vitamin C dalam buah pir cukup tinggi yang berperan sebagai antioksidan  yang baik untuk melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat menyebabkan kenker.

Kolesterol

Pektin merupakan zat yang dapat membantu dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan buah pir merupakan buah yang kaya akan pektin.

Kesehatan Usus

Kandungan serat dalam buah pir dapat membuat usus menjadi lebih sehat.

Sembelit

Pektin selain berguna untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah juga dapat berguna sebagai diuretik dan memiliki efek pencahar. Mengonsumsi jus buah pir secara teratur dapat membantu mengatur pergerakan usus.

Energi

Mengonsumsi buah pir dapat membantu meningkatkan energi karana dalam buah pir terdapat fruktosa dan glukosa.

Demam

Buah pir memiliki sifat yang dingin sehingg baik untuk menurunkan demam, Minum buah pir satu gelas dapat membantu menurunkan demam.

Pendorong Kekebalan

Buah pir mengandung antoksidan yang sangat bermanfaat untum menguatkan sistem kekebalam tubuh.

Peradangan

Jus buah pir memiliki efek anti-inflamasi dan membantu meringankan penderita sakit diberbagai kondisi perdangan.

Osteoporosis

Mengonsumsi buah pir juga dapat membantu dalam mencegah terjadinya pengeroposan tulang. Hal ini dikarenakan buah pir mengangung boron yang tinggi.  Boron merupakan zat yang memiliki peran untuk mempertahankan kalsium.

Manfaat Buah Pir Untuk Ibu Hamil

Buah pir mengandung asam folat yang tinggi, ini akan sangat baik untuk ibu hamil yang akan membuat janin tubuh sehat dan dapat mencegah cacat tabung saraf pada calon bayi.

Sesak Nafas

Sesak Nafas sering dialami oleh anak-anak yang diserti denga dahak. Dengan minum jus buah pir selama periode ini dapat membandu dalam mengelurkan dahak.

Masalah Tenggorokan

Pada saat cuaca panas mengonsumsi buah pir akan terasa sangat segar. Minum jus buah pir pada pagi dan malam dapat membantu untuk mendinginkan tubuh, selain itu juga dapat mencegah masalah pada tenggorokan.

Chord Vocal

Mimun rebuasan buah pir cina  dengan campuran madu dapat menyembuhkan masalah tenggorokan dan pita suara.

Fiber

Buah pir merupakan buah yang mengandung serat dan sangat baik untuk pencernaan. dalam 1 buah pir dapat memenuhi 24% kebutuhan serat harian dalam tubuh. Selain itu sarat pada bauh pir juga tidak mengandung kalori sehingg sangat cocok untuk diet.

Pektin

Zat ini merupakan zat yang dapat larut dalam air dan dapat mengikat zat lemak dalam saluran pencernaan serta akan membantu membuang lemak tersebut.

Mengurangi Resiko Serangan Jantung

Diet tinggi serat dapat membantu tubuh dalam mencegah serangan penyakit jantung.

Diet Sehat

Buah pir mengandung 26 gr karbohidrat bersih. Kaebohidrat dalam buah pir rendah akan indeks glisemik yang berarti kerbohidrat pada buah pir lamba menjadu gula pada saat masuk kedalam darah.

Sumber Vitamin C

Dalam 1 buah pir terdapat 10% dari RDA untuk Vitamin C (asam askorbat). Vitamin C merupakan antioksidan penting untuk metabolisme normal dan memperbaiki jaringan dan membantu mencegah kerusakan akibat radiakt bebas. Vitamin C membentu dalam mempercepat penyembuhan luka dan memar dan membantu mencegah penyakit menular.

Sumber Kalium

Buah pir mengandung 5% kalium yang dibutuhkan tubuh.

Demikianlah manfaat buah pir yang dapat diperoleh dengan mengonsumsinya semoga bermanfaat.

sumber: http://daunbuah.com

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *