Tahukah Kamu Apa Manfaat Buah Mangga?

bacailmu.com – Buah mangga merupakan buah yang sangat mudah ditemukan, dan memiliki harga yang berfariasi dari yang murah hingga yang mahal, tergantung dari jenisnya. Ada juga salah satu jenis minuman atau makanan kemasan yang menjadikan pilihan rasa dalam pembuatannya. Pohon buah mangga merupakan pohon yang dapat tumbuh di  iklim tropis. Buah mangga merupakan buan yang kaya akan nutrisi seperti Vitamin C dan lainnya.

Tahukah Kamu Apa Manfaat Buah Mangga?

Buah mangga merupakan salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi di seluruh belahan dunia. Buang mangga memiliki manfaat terhadap kesehatan seperti menurunkan resiko degenerasi makula, mengurangi resiko kanker usus besar, kesehatan kulit, tulang dan juga rambut.

Seperti yang dilansir dari medicalnewstoday.com buah mangga mengandung nutrisi seperti  protein, kalori, lemak, karbohidrat, gula, serat, Vitamin A, Vitamin C, Vitamin B-6, Vitamin K, folat, Potasium, Kalsium, zat besi, tambaga, dan antioksidan seperti bera karoten dan zeaxanthin. Dengan kandugan nutrisinya yang telah disebut diatas, tahukah kamu apa saja manfaat buah mangga? Jika belum tahu berikut manfaat buah mangga yang perlu kamu ketahui.

Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan

Mencegah Degenerasi Makula

Buah mangga mengandung antioksidan zeaxanthin yang dapat menyaring blue light yang dikeluarkan oleh gadge. antioksidam ini akan melindungi kesehatan mata dan menangkal dari kerusakan degenerasi makula.

Mencegah Penyakit Jantung

Buah mangga mengandung serat, kalium dan sejumlah vitamin yang dapat membantu mencegah serangan penyakit jantung.

Pencegah Kanker

Senyawa antioksidan yang terkandung dalam buah mangga dapat melindungi usus besar dari serangan kanker, hal ini telah dibuktikan melalui sebuah penelitian. Bukan hanya mencegah terjadinya kanker usus besar saja, numun juga dapat mencegah kanker payudara, leukemia, dan juga kanker prostat. Senyawa yang berperan dalam hal ini adalah fisetin, asam galatm quercetin, isoquercitrin, astragalin, metrhylgallat serta anzim.

Kesehatan Tulang

Buah mangga mengandung kalsium yang dapat menyehatkan tulang, selain itu Vitamin K juga memiliki peran dalam menjaga tulang agar tidak mudah patah.

Membantu Pencernaan

Di dalam buah mangga terkandung enzim yang dapat membatu dalam menghancurkan lemak dan protein pada makanan yang kita konsumsi. kandungan serat-nya juga akan membuat pencernaan menjadi lebih sehat.

Zat Besi Tinggi Untuk Wanita

Buah mangga kaya akan zat besi, sehingga dapat dijadikan solusi untuk mengatasi anemia. Selain itu mangga baik untuk wanita yang menopause atau sedang hamil, mangga akan meningkatkan kadar kalsium dan zat besi pada waktu yang sama.

Menjaga Kadar Kolesterol

Vitamin C, Serat dan pektin dapat membantu untuk mengendalikan kolesterol dalam tubuh. Selain itu kalium juga merupakan komponen penting dari cairan dan sel tubuh untuk mengontrol detak jantung dan tekanan darah.

Menyehatkan Mata

Mata merupakan indra yang sangat pentin, satu cangkir mangga dapat memenuhi 25% kebutuhan Vitamin dari kebutuhan harian yang diperlukan. Sehingga dapat membantu dalam menjaga kesehatan mata seperti rabun senja, kekeringan pada mata dan mata gatal.

Mencegah Asma

Buah mangga dapat mempengaruhi pengembangan resiko asma menjadi lebih rendah. hal ini dikarenakan buah mangga mengandung bera karoten dan zat penting lainnya.

Manfaat Buah Mangga Untuk Kecantikan

Mengatasi Bintik Hitam Pada Wajah

Untuk mengatasi bintik hitam pada wajah yang digunakan adalah kulitnya. Keringkan kulit mangga dan kemudian haluskan, campurkan bubuk kulit mangga tersebut dengan yoghurt dan oleskan pada wajah.

Mengatasi Jerawat

Potong mangga yang masih mentah dan kemudian rebus. Gunakan air rebusan mangga untuk membasuh wajah, tentunya sudah dalam keadaan dingin.

Mengatasi Kuit Terbakar Sinar Matahari

Oleskan potongan buah mangga pada kulit yang terbakar, dan oleskan lagi krim susu diatasnya, tunggu 5-15 menit dan bersihkan.

Melembabkan Rambut

Mangga juga dapat dimanfaat kan untuk menjaha kelembapan rambut karana mengandung Vitamin A.

Manfaat Buah Mangga Untuk Ibu Hamil

  • Melancarkan Sistem Pencernaan
  • Meningkatkan Energi dan Kebugaran
  • Mengurangi morning Sickness
  • Membentuk Kekebalan Tubuh
  • Membantu Produksi Sel Darah
  • Membantu Perkembangan Janin

Sumber:

manfaat.co.id
tentangibu.com

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *