Ini Dia Manfaat Luar Biasa Buah Plum Bagi Kesehatan

bacailmu.com – Jarang orang mengetahui apa manfaat dari buah plum, bahkan mungkin namanya juga orang masih asing. Hal ini memang buah plum merupakan buah yang jarang dijumpai dan harganya juga cukup mahal dan sulit untuk didapat sehingga menjadikan buah ini menjadi buah menengah keatas.

Ini Dia Manfaat Luar Biasa Buah Plum Bagi Kesehatan

Buah Plum berasal dari China, sehingga termasuk buah import. Dengan kandungan nutrisi dari buah plum membuat banyak ahli gizi menyarankan agar mengonsumsinya agar tetap sehat. Buah plum terbagi manjadi 3 kelompok, yaitu Damsom, Jepang dan Eropa-Asia. Penghsil buah plum utama adalah Chian dan disusul oleh Amerika Serikat, Serbia dan juga Rumania. Negara penghasil Plum di Amerika adalah California.

Buah Plum mengandung banyak nutrisi seperti Vitamin A, C, B1, B2, B3, K, E dan juga Vitamin B-6, Selain itu buah plum juga mengandung asam folat, askorbat, kandungan mineralnya seperti fosfor, magnesium, zat besi, kalsium, flour dan juga seng. Buah plum juga merupakan buah yang kaya akan serat, rendah kalori dan  tidak mengandung lemak jenuh serta kaya akan Antioksidan.

Dengan kandungan nutrisinya yang begitu banyak manfaatnya juga pasti banyak, lalu apasajakah manfaatnya? Berikut manfaat buah plum untuk kesehatan.

Menangkal Radikal Bebas

Banyak buah yang memiliki manfaat dalam menangkal radikal bebas dan salah satu buah itu adalah buah plum. Radikal bebas merupakan zat yang berasal dari polutan dan zat-zat berbahaya lainnya. Zat yanb berperan dalam menangkal radikal bebas adalah Vitamin C, Fitinutrisi, Cryptoxanthin, zea-xantin, Klorogenal dan Asam neochlorogenic.

Menghentikan Luka Akibat Radikal Bebas

Buah plum dapat membantu dalam menyembukan membran luka. Zat fenol dalam buah plum berfungsi melindungi lemak bersifak essensial dan neuron sehingga membran luka pun bisa berhenti dan mengecil

Mengatasi Obesitas

Obesitas merupakan kegemukan yang bisa disebabkan oleh faktor genetik atau polo hidup yang tidak sehat. Mengonsumsi buah plum yang kaya akan serat dapat membantu dalam proses diet untuk mengurangi kegemukan.

Menhindarkan Diri dari Komplikasi Obesitas

Obesitas dapat menyebabkan berbagai macam komplikasi penyakit seperti jantungm stroke, diabetes dan masih banyak penyakit berbahaya lainnya. Mengonsumsi Buah plum bermanfaaat mencegahnya.

Menjaga Kesehatan Tulang

Penyakit osteoporosis merupakan penyakit yang sering menyerang tulang. akibat dari osteoporosis adalah tulang menjadi keropos sehingga pernderita bisa tidak bisa berjalan. Mengonsumsi buah plum dapat mencegah terjadinya hal tersebut.

Membantu Sistem Pencernaan

Buah plum kaya akan serat yang bermanfaat dalam proses pencernaan didalam tubuh. Buah plum merupakan sumber serat yang baik sehingga dapat dijadikan obat untuk mengatasi sembelit.

Melindungi Tubuh Dari Penurunan Kognitif

Dengan bertambahnya usia tubuh akan mengalami penurunan kognitif. Dalam penuruanan kognnitif tubuh akan mudah mengalami berbagai penyakit seperti parkinson, alzheimer, dan juga stroke. Buah plum memiliki manfaat untuk mencegah hal tersebut terjadi.

Plum Mengandung Kolesterol Baik dan Sehat

Lemak Baik atau HDL merupakan lemak yang dibutuhkan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit atau mengalami gangguan tubuh lain.

Mengatasi Diabetes

Meski buah plum mengandung glukosa alami namun buah plum baik untuk dikonsumsi penderita diabetes. Buah plum memiliki zat yang dapat memberi efek anti hiperglikemia yang bermanfaat mengatasidiabetes, selain itu mengonsumsi buah plum juga akab menurunkan kadar glukosa dan tingkat trigleserida dalam tubuh.

Zat flavonoid-nya juga memiliki fungsi untuk memberikan perlindungan terhadap kadar insulin dan meningkatkan kesensitifan insulin terhadap tubuh.

Sistem Saraf Menjadi Lancar

Buah plum dapat dijadikan obat untuk mengatasi penyumbatan pada sistem saraf. Vitamin B6 membantu saraf dalam bertransmisi sehingga membantu fungsi kelancaran sistam saraf.

Menyehatkan Sel di dalam Tubuh

Mengonsumsi Buah plum dapat membuat menjadi  lebih sehat yang disebabkan fungsi dari antioksidan. Kandungan tambaga dalam buah plum juga bermanfaat untuk kesehatan saraf dan penbentukan kolagen. Buah plum juga dapat mencegah terjadinya penyakit anemia karena mengandung zat besi.

Mengatasi Depresi

Buah plum merupakan buah yang multi fungsi, dengan kandungan anxiolytic, asam chlorogenic dan antioksidannya dapat membantu mengatasi depresi, dan juga kecemasan berlebih juga dapat diatasi dengan mengonsumsi buah plum.

Menyehatkan Ibu Hamil

Ibu hamil yang mengkonsumsi buah plum dengan rutin akan memiliki tubuh yang lebih sehat dan juga janin yang lebih sehat juga. Buah plum merupakan buah yang kaya akan nutrisi dan salah satunya adalah asam folat yang sangat baik untuk perkembangan janin.

Membantu Proses Pembekuan Darah

Vitamin K memiliki khasiat dalam membantu pembekuan darah pada saat terjadi luka.

Demikianlah manfaat buah plum untuk kesehatan, semoga bermanfaat.

sumber:manfaat.co.id

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *