Ini Dia Manfaat Buah Semangka Yang Mengesankan

bacailmu.com – Buah semangka memiliki banyak manfaat bagi tubuh yang dapat membantu menjag kesehatan tubuh dan menjaga metabolisme tubuh. Buah semangka merupakan buah tropis yang memiliki banyak kandungan air, yang sangat cocok dinikmati pada saat cuaca panas. Selain segar dan nikmat buah semangka banyak memiliki manfaat untuk ibu hamil, kesehatan dan juga kecantikan. Berikut manfaat buah semangka yang luar biasa:

Ini Dia Manfaat Buah Semangka Yang Mengesankan

Manfaat Buah Semangka Untuk Kecantikan

Anti Penuaan Dini

Buah semangka mengandung likopen, Vitamin A, dan  Vitamin C yang dapat mebantu dalam menangkal radikal bebas yang dapat menyerang kulit. Papran sinar UV dari matahari dapat menyebabkan kerusakan pada kuit seperti menimbulkan garis-garis halus, dengan mengonsumsi buah semangka secara teratur dapat membantu mencegah timbulnya penuaan dini.

Menjaga Kelembapan Kulit

Jika Anda memiliki jenis kulit kerung, mengonsumsi semangka merupakan salah satu cara untuk menjaga agar kulit Anda tetap lembab. Selain dapat menjaga kelembapan kulit mengonsumsi buah semangka juga dapat menghindarkan dari dehidrasi.

Mengurangi Sebum (Minyak) Pada Wajah

Minyak dapat bersekresi berlebihan yang diakibatkan pori-pori yang besar. Buah semangka mengandung Vitamin A yang dapat membantu meminimalisir permasalahn minyak pada wajah.

Meremajakan Kulit

Penggunaan masker semangka dapat membantu untuk meremajakan kulit yang kusam dan sangat baik untuk regenerasi sel-sel kulit yang mati

Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan

Memelihara Kesehatan Ginjal

Buah semangka mengandung kalium yang sangat bermanfaat untuk ginjal. Kalium dapat membantu ginjal dalam membersihkan zat-zat beracun yang ada pada ginjak. Selain itu buah semangka dapat membantu mengurangi kadar asam urat yang dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal.

Mencegah Sariawan

Sariawan dapat timbul dikarenakan bakteri yang berkembang pada mulut yang kering. Mengonsumsi buah semangka dapat memberikan asupan cairan dan vitamin yang dapat mengurangi perkembang biakan bakteri di mulut.

Mengurangi Resiko Hipertensi dan Stroke

Buah semangka mengandung karetenoid yang dapat mencegah pengerasan dinding pembuluh arteri maupun vena yang dapat menyebabkan hipertensi. Kalium-nya juga dapat membantu menurunkan tekanan darah dan menyehatkan jantung sehingga dapat terhindar dari serangan jantung.

Anti-Inflamasi dan Antioksidan

Mengonsumsi buah semangka dapat memberikan efek yang postif. Buang semangka mengandung senyawa fenolik seperti flavonoid, karrotenoid, dan triterpenoid. Karotenoid dalam buah semangka sangat bermanfaat dalam mengurangi radikal bebas. Triterpenoid juga memiliki manfaat sebagai anti inflamsi dengan menghambat aktivitas enzim yang biasanya menyababkan peningkatan inflamasi.

Otot Nyeri

Semangka dapat juga mengurangi nyeri otot dan meningkatkan pemulihan setelah latihan atlet. Para peneliti percaya ini dikarenakan kandungan asam amino L-citrulline.

Mencegah Kanker

Buah semangka mengandung vitamin C dan zat licopen. Kedua zat ini memiliki peran sebagai antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker.

Mencegah Sembelit

Semangka merupakan buah yang kaya akan serat dan air. Serat memiliki peran penting dalam mengatasi sembelit. Serat yang terkandung dalam semangka dapat membentuk gel alami pada usus besar sehingga dapat melancarkan penyerapan nutrisi dan melancarkan buang air besar.

Melancarkan Urine

Orang yang memiliki masalah deurituk dan ginjal dapat memanfaatkan semangka sebagai terapi alami. Semangka kaya akan kandungan air yang dapat meningkatkan aliran air dalam tubuh. Semangka juga dapat membantu membuang racun dari dalam tubuh.

Mencegah Pembentukan Lemak

Semangka merupakan buah yang dapat memberi kesegaran pada tubuh jika dikonsumsi selain itu mengonsumsi buah semangka juga membuat tubuh merasakan efek alkali dari yang yang terkandungnya, Dengan rutin mengonsumsi buang semangak dapat mengurangi resiko terserang penyakit yang disebabkan oleh makanan yang mengandung lemak dan zat asam lainnya.

Khasiat Buah Semangka Untuk Pria

Mengonsumsi buah semangka pada pria dapat mengurasi impoten. Hal ini dibuktikan dari sebuah penelitian yang dituturkan oleh Dr. Bhimu Patil, direktur Texas A&M’s Fruit and Vegetable Improvement Center di College Station, seperti dilansir sciencedaily.

 

sumber: manfaat.co.id

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *